Senin, 11 Juli 2011




Keluarga cerdas, sehat dan sejahtera merupakan modal untuk membangun masyarakat yang makmur dan berkeadilan, karena rapuhnya keluarga secara tidak langsung akan berdampak terhadap kekuatan suatu negara.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Bandung, Dada Rosada, “Bangsa yang besar adalah bangsa yang berkualitas, hal itu dimulai dari yang kecil dulu yaitu keluarga, rapuhnya ketahanan keluarga akan memberikan dampak terhadap ketahanan Republik ini”, katanya, saat mencanangkan Kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan tahun 2011, di ruang serbaguna Bermartabat, Jalan Wastukancana No.2 Bandung, Kamis (07/07).

Lebih lanjut Dada menuturkan, Kesatuan gerak PKK merupakan suatu program yang terintegrasi dan memadukan berbagai unsur untuk mewujudkan kesehatan dan kesejahteraan keluarga, “Berawal dari keluarga sebagai komunitas terkecil, Program ini sangat penting karena bersifat strategis yang sangat membantu pemerintah mewujudkan masyarakat sehat dan sejahtera”, tuturnya.

Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Bandung, Ny. Nani Dada Rosada mengajak seluruh para kader untuk lebih meningkatkan keperduliannya terhadap lingkungan sekitar, “Saya meminta dukungan dan kerjasama para kader PKK untuk terus melaksanakan 10 program PKK dan 7 agenda prioritas Kota Bandung yang dewasa ini masih dalam tahapan pemantapan, karena masih banyak disekitar kita keluarga yang belum berdaya sepenuhnya”, ajaknya.

Mengusung tema “kita mantapkan pelaksanaan kesatuan gerak PKK-KB Kesehatan untuk mencapai ketahan keluarga dan terwujudnya keluarga kecil sehat bahagia dan sejahtera”, Acara Puncak Hari Kesatuan Gerak PKK ke-38 tersebut di warnai dengan Seminar Materi Kanker Kulit oleh Dr. Indra Rini, pemberian bantuan secara simbolis untuk lansia dan bantuan rumah kumuh dari Ketua Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Kota Bandung, dan pemberian hadiah kejuaraan dalam bentuk uang pembinaan dalam rangka HKG PKK-KB Kesehatan tahun 2010-2011 tingkat kelurahan se-kota Bandung, serta penyerahan trophy bergilir Wali Kota Bandung juara umum kesatuan gerak PKK tingkat Kota Bandung kepada Kecamatan Rancasari yang mendapat 8 kategori juara dari 15 kategori yang dilombakan.



Ketua penyelenggara Ny. Yetna Maman Suparman, melaporkan, “kegiatan PKK-KB Kesehatan tahun 2010 telah melaksanakan 15 jenis kegiatan, diantaranya pemecahan rekor MURI dengan 7.200 porsi mie kocok oleh para kader PKK dan pelaksanaan senam sehat bekerjasama dengn STV Bandung dan Harian Tribun Jabar, serta prestasi Kota Bandung lomba tingkat Provinsi Jabar, Kota Bandung meraih juara 1 kategori peran perempuan terbaik dalam rangka evaluasi program terpadu P2WKSS tahun 2010, Juara 1 lomba Gita Remaja Putri, Juara 1 KB Perusahaan, Juara 2 lomba Bina keluarga, Juara 2 Lomba UP2K, Juara 3 Lomba Posyandu Kecamatan”, Lapornya.

Ny. Erika Ayi Vivananda membacakan sejarah gerakan PKK, “Gerakan PKK di masyarakat berawal dari kepedulian Isteri Gubernur Jawa Tengah pada tahun 1967, Ibu ISRIATI MOENADI, setelah melihat keadaan masyarakat yang menderita busung lapar, pada awalnya program PKK adalah 10 segi pokok PKK”, katanya.

Lebih lanjut Ny. Erika mengemukakan 10 peranan wanita dalam pembangunan, “Keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat, oleh karena itu dalam upaya mewujudkan masyarakat sejahtera harus dimulai dari upaya mensejahterakan setiap keluarga, Sehubungan dengan itu TAP MPR Nomor : II/MPR/1978 tentang GBHN Bab IV D butir 10 tentang peranan wanita dalam pembanguan telah dengan jelas mengamanatkan kepada kaum wanita untuk berpartisipasi dalam pembangunan, Mewujudkan keluarga sejahtera dan Membina generasi muda”, katanya. (www.bandung.go.id)


0 komentar:

Posting Komentar